sudah benarkah DOA kita?

February 04, 2015

tulisan ini dikutip dari:
 Ezza, Abu.2010. sudah benarkah doa anda?.Jakarta:Qultum media

WAKTU-WAKTU YANG MUSTAJAB UNTUK BERDOA


1.   lailatul qadar

diriwayatka dari anas ra bahwa Rasulullah Saw bersabda

" sesungguhnya bulan ini (ramadhan) telah datang kepadamu, dan didalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. barang siapa yang terhalangi baginya , maka sungguh ia telah terhalangi dari segala kebaikan, dan tidaklah terhalang dari kebaikan kecuali orang yang tidak mendapat rezeki"(HR Ibnu Maja)

2. Pertengahan malam yang terakhir dan waktu sahur
Pertengahan malam yang terakhir dan waktu sahur adalah waktu yang sangat spesial untuk berdoa. banyak hadist Rasulullah saw yang menyebutkan keutamaan waktu tersebut.
waktu sepertiga malam adalah waktu ketika rahmat, ampunan, dan kasih sayang allah terlimpah kepada siapa saja yang mau beribadah dan bermunajat kepada-Nya.

Rasulullah bersabda:

"waktu paling dekat antara Rabb dengan seorang hamba adalah waktu tengah malam yang terakhir. Jika kamu termasuk orang yang mampu mengingat allah pada waktu itu, maka lakukanlah" (HR Nasa'i, Titmdzi, Al-Hakim, dan 'Uqaili)

mengkhususkan waktu sepertiga malam atau waktu sahur dari waktu-waktu yang lain pada malam hari adalah karena waktu tersebut adalah waktu tahjjud, berdoa, dan waktu lupanya kebanayakan manusia. waktu itu adalah saat niat yang tulus dan waktunya cinta dan berharap kepada allah, sehingga harapan terkabulnya doa ketika itu lebih besar.

3. Disetiap penghujung shalat fardhu
diriwayatkan dari Abu Umamah ra,

"seseorang pernah berntanya, 'wahai rasulullah, doa yang bagaimana yang lebih dikabulkan?' beliau menjawab, '(doa) pada tengah malam yang terkahir dan pada setiap penghujung shalat fardhu.'"
 (HR Tirmizi dan Nasa'i)

4. setelah tasyahud akhir sebelum salam

5. waktu diantara azan dan iqamah
diriwayatka dari anas ra bahwa Rasulullah Saw bersabda:

"doa itu tidak tertolak diantara azan dan iqamah" (HR Ibnu Maja)

diriwayatka dari anas ra bahwa Rasulullah Saw bersabda:
"ketika shalat diseru, maka dibukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan doa" (HR. Abu Ya'la, Ibnu 'Asakir, dan Adh-Dhiya)

6. saat dikumandangkan iqamah
rasulullah bersabda :

"ada dua waktu dijabahnya doa, siapa yang berdoa pada waktu itu doanya tidak akan ditolak, yakni saat dikumandangkan iqamah untuk shalat dan saaat didalam barisan di jalan Allah." (HR Ibnu Majah)

"ketika shalat didirikan, maka dibukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan (doa)." (HR Thabrani)

7. saat tertentu setiap malam
diriwayatka dari Jabi ra, ia mendengar Rasulullah Saw bersabda:

"seseungguhnya ada saat tertentu pada malam hai, tidak ada seorang hamba muslim pun yang bertepatan dengan saat itu memohon kebaikan urusan dunia dan akhirat, kecuali allah akan memberikannanya kepadanya. dan itu pada setiap malam." (HR Muslim)

8. saat turunnya hujan

"ada dua doa yang tidak tertolak, yakni doa ketika azan dan ketika turun hujan."(HR Al-Hakim dan Baihaqi)

9. ketika barisan perang fisabilillah berdedakan

10. saat tertentu pada hari jum'at
diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw menyebut ahri jum'at seraya bersabda:

" "seseungguhnya pada hari jum'at terdapat satu  saat tertentu yang tidak ada seorang hamba muslim pun yang bertepatan dengan saat itu dia berdiri shalat seraya  memohon kebaikan kepada allah, melaikan allah akan memberikannanya kepadanya."

11. waktu ketika sujud

12. saat ayam jantan berkokok

13. ketika bangun tidur pada malam hari


You Might Also Like

0 komentar

LAZADA