Tips Memilih Oli Mesin Untuk Kendaraan Anda

May 15, 2020


Memilih oli mesin untuk kendaraan Anda tentu tidak boleh sembarangan. Oli untuk motor tentu berbeda dengan oli untuk mobil, sehingga Anda harus teliti sebelum memilih. Hal ini tentu bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam memilih. Bagi Anda yang belum mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengannya, berikut tips sebelum memilih oli.
oli dari mobil.co.id

4 Tips Memilih Oli Mesin yang Berkualitas
1. Jenis Peruntukan
Oli mesin dibedakan menjadi 2 yaitu kode MA dan kode MB. 
Kode MA artinya diperuntukkan untuk motor berkopling basah. Maksud dari kopling basah inilah kopling yang terendam oli. Misalnya seperti motor bebek, motor sport yang koplingnya terendam oli. Untuk kode MB, ini diperuntukkan untuk motor dengan kopling kering misalnya seperti motor matik, motor moge. Biasanya, pada produk oli sudah terdapat gambar dari motor yang bisa menggunakan oli tersebut. Namun, ada juga produsen yang tidak mencantumkan gambar ini. Sehingga, Anda tidak boleh salah pilih.
Kode MA dan MA2 juga sangat berbeda. MA2 memiliki kualitas yang lebih bagus daripada MA. Hal ini bergantung pada bahan adiktifnya. Jika Anda memilih oli, Anda harus melihat Enduro biasa dengan enduro racing tentu berbeda dan lebih bagus MA2. Jika Anda ingin kualitas oli yang bagus untuk kopling basah, pilihlah kode MA2.

2. Kualitas
Parameter selanjutnya yaitu dari kualitas. Kualitas oli samping biasanya berdasarkan kualitas atau standar JASO. Kualitas oli mesin biasanya berdasarkan pada API (American Petroleum Institute) sehingga standarnya mengikuti Amerika. Jika JASO berdasarkan standar Jepang. Kode ini biasanya terdapat di belakang botol atau di bagian deskripsi. Anda bisa memperhatikan hal ini untuk mengetahui kualitas oli.
Untuk mengetahui kualitasnya, kode belakang menunjukkan kualitas. Misalnya SM, huruf M disini termasuk mendekati huruf Z. Semakin mendekati huruf Z maka kualitasnya semakin bagus. Jika dibandingkan antara 2 produk lain yang memiliki kode dan SF dan SG, maka kualitasnya tentu lebih bagus yang memiliki kode SG karena huruf G lebih mendekati huruf Z, bukan? Tanpa melihat merek, maka kualitasnya bisa dilihat dari kode ini.

3.  Bahan
Bahan pembuatan dari oli mesin ada 2 yaitu sintetik dan mineral. Jika oli yang dibuat dari bahan sintetik maka bahan pembuatannya terbuat dari sintetik. Sebaliknya jika ada tulisan mineral, maka bahan pembuatannya yaitu dari minyak bumi. Yang mana yang lebih baik? Tentu oli yang dibuat dari bahan sintetik lebih baik dan unggul karena sintetik memiliki molekul lebih kecil sehingga mudah meresap ke sela – sela metal yang bergerak. Sehingga, penguapannya lebih rendah sintetik. Pada umumnya kode yang tertera pada oli yang terbuat dari bahan sintetik memiliki kode yang tinggi seperti kode SM yang mendekati huruf Z dan sudah tentu sangat berkualitas. 

4. Tingkat Kekentalan
Tingkat kekentalan pada oli biasanya juga dijelaskan dengan kode. Kode tingkat kekentalan oli biasanya berupa 20W-50 dan 10W-40. Tingkat kekentalan ditunjukkan pada angka paling depan yang diikuti dengan huruf W. Maka kode 10W-40 memiliki tingkat kekentalan oli yang lebih encer daripada 20W-50. Motor balap biasanya memerlukan oli mesin yang lebih encer sehingga tidak terhambat dengan oli yang terlalu kental. Oli yang kental lebih cocok untuk motor dengan mesin lama karena suara mesin akan lebih halus. Tetapi ada juga mesin modern yang membutuhkan oli kental.
Itulah penjelasan mengenai tips untuk memilih oli mesin untuk kendaraan Anda. Kini Anda tidak perlu bingung lagi karena sudah mengetahui informasi di atas. Mengetahui kode yang tertera pada produk oli sangat penting karena hal tersebut memiliki arti khusus. Perhatikan dan pahami kode tersebut dan pertimbangan lain yaitu dari bahan oli yang digunakan serta tingkat kekentalan dari oli. Dapatkan informasi lain yang berkaitan dengan kendaraan Anda dengan mengunjungi website mobil.co.id

You Might Also Like

0 komentar