Mengapa TIKTOK semakin hits?

August 01, 2020

haihaihai

Hello august! hello guys . how are you today? happy weekend 😀

Semoga kita bisa memanfaatkan akhir pekan dengen semaksimal mungkin sehingga semangat kerja di hari Senin. By the way guys kalau diperhatikan akhir-akhir ini pengguna aplikasi tiktok kian meningkat, ulai dari orang biasa, anak-anak, remaja, dewasa hingga artis papan atas juga turut meramaikan aplikasi yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini guys. Ada banya hal menarik yang dapat kita nikmati pada  aplikasi tiktok mulai dari  video tiktok dances, hingga  video tips-tips dan tutorial  dengan hastag #samasamabelajar semakin digemari. 

logo tiktok (credit by: tiktok.com)

TIKTOK 

Sebelum menulis artikel ini aku sempat research kecil-kecil dulu. Mencari awal mula berdirinya tiktok, keberadaan tiktok di Indonesia, dan peningkatan pendownload tiktok yang significant.

 

struktur perusahaan TIKTOK
struktur perusahaan TIKTOK

Berdasarkan informasi pada wesite dan Wikipedia Indonesia : 

TikTok adalah destinasi terdepan untuk video singkat. Misi kami adalah menginspirasi kreatifitas dan membawa kegembiraan.

TikTok, juga dikenal sebagai Douyin (Hanzi: 抖音短视频; Pinyin: Dǒuyīn duǎnshìpín; artinya "video pendek vibrato"), adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok, diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi ini membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri yang dilengkapi dengan lagu-lagu yang bisa dijadikan backsound video

TikTok memiliki kantor di seluruh dunia termasuk Los Angeles, New York, London, Paris, Berlin, Dubai, Mumbai, Singapura, Jakarta, Seoul, dan Tokyo.


Pemblokiran

“ Sejak Selasa siang pada 3 Juli 2018, TikTok mulai diblokir di Indonesia. Kemenkominfo telah melakukan pemantauan mengenai aplikasi ini selama sebulan dan mendapati akan banyak sekali masuknya laporan yang mengeluh tentang aplikasi ini. Terhitung sampai 3 Juli tersebut, laporan yang masuk mencapai 2.853 laporan

Menurut menteri Rudiantara, banyak sekali konten negatif terutama sekali untuk anak-anak. Untuk pemblokiran aplikasi ini, sudah dikoordinasikan dengan Kemen PPA sampai pemutusan untuk pemblokiran. Tak hanya itu, KPAI juga telah dimintai keterangan. Aplikasi ini dilepas pemblokirannya satu minggu kemudian setelah TikTok bernegosiasi, membuat berbagai perubahan, termasuk menghapus konten negatif, membuka kantor penghubung pemerintah, dan menerapkan batasan usia serta mekanisme keamanan” (wikipedia indonesia)

yap, aku sempat mendengar berita tentang pemblokiran tiktok. Saat itu aku kurang mengikuti beritanya karena kurang tertarik menggunakan tiktok. 


TIKTOK SAAT INI

sumber: datakata.co.id

sumber: sensortower.com


jumlah pengguna TIKTOK saat ini kian bertambah, terlebih dengan adanya pandemi COVID-19 sekolah-sekolah dan beberapa perusahaan di liburkan dan ada juga yang WFH (work from home), masyarakat lebih kreatif dalam penggunaan aplikasi tiktok dengan membagikan atau share konten-konten positif dan edukatif denga tagar atau hastag #samasamabelajar

salah satu pemanfaat dari konten edukatif pada aplikasi TIKTOK adalah aku. Jujur aku suka menonton video-video positif dari pengguna tiktok yang masuk FY (for your page) seperti konten tip-tips dalam fotografi, tips-tips mengambil foto Aestetik hanya di rumah saja, belajar bahasa inggris, dance, dan lain-lain

menurut aku kenapa TIKTOK semakin hits? karena tiktok adalah salah satu aplikasi yang benar-benar mengikuti perkembangan zaman dan keadaan, tiktok dapat mencari peluang yang positif.
Good Job for tiktok team dimana saja.

so, tulisanku tentang tiktok ini

cheers
ira


You Might Also Like

0 comments

Subscribe