Bimbingan Teknis Pelatihan Pengelolaan Limbah B3

June 10, 2023



 Haihaihai

Kemarin, tepatnya tanggal 8-9 juni 2023 aku mengikuti Bimbingan Teknis Pelatihan Limbah B3 yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bekerjasama dengan Al Hilaby Lingkungan Indonesia (AHLI Environmental consultant) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau. 

Sebagai orang yang punya background yang tidak jauh dengan lingkungan dan kesehatan, aku dan rekanku menjadi perwakilan perusahaan mengikuti pelatihan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). 

Honestly aku sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan offline yang masih related dengan kerjaan dan background pendidikanku. Bukan tidak bisa bekerja diluar background pendidikan, tetapi kalau bekerja dan mengikut pelatihan dibidang yang sudah kita pahami dan kita senangi dan terasa menikmati. Apalagi peserta pelatihan juga berasal dari Perwakilan perusahaan dari beberapa daerah di Kepulauan Riau seperti Batam, Bintan dan Karimun, membuatkan bisa mengenal teman-temana senasib dari berbagai perusahan dan mereka ramah-ramah (aku jadi terharu). 

Hari Pertama berisi dengan kegiatan pelatihan yang lebih banyak membahas tentang regulasi pemerintah dan perizinan berkaitan dengan perusahaan dan lingkungan selain pemaparan dan pemateri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga diisi dengan tanya jawab sekaligus sharing. Disini pemikiranku jadi terbuka sambil mikir "oh gini ya permasalahan perusahaan yang bidang pertambangan", atau "oh gini ya permasalahan perusahaan di kawasan industri di Batam", juga "wah ternyata ada juga perrusahaan dari daerah lain yang punya issue sama dengan kami jadi tahu menyelesaikannya bagaimana" dan banyak lagi ilmu yang ku dapat. 


Hari Kedua berisi dengan pemaparan materi yang lebih teknis seperti Pengolahan Limbah B3 di perusahaan, bagaimana penyimpanannya, bagaimana bagunannya, dan simbol-simbolnya. Jadi aku lebih paham karena selama ini aku membaca-baca peraturan dan ikut pelatihan yang tidak khusus untuk pengolahan limbah B3 jadi moment pelatihan ini sangat membantu ku menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering kutermui di lapangan. 

Pada hari kedua juga ditutup dengan penjelasan teknis ujian kompetensi yang mana ada ujian tulis dan wawancara nya secara online. 







You Might Also Like

0 Comments

Subscribe