My acne story - efek dari 15 minute oil cleansing

September 04, 2020



Haihaihai 

Trend 15 minute oil cleansing challenge sedang hits di kalangan anak-anak tiktok maupun di instagram. Tidak sedikit Beauty influencer yang mencobanya, mereka memperlihatkan beberapa oil plug yang keluar setelah melakukan trick ini. Dan akhirnya akupun tertarik untuk mencoba nya karena penasaran dan mungkin hasilnya  oke diwajahku. Tetapi, ternyata oh ternyata kulit wajah ku ga cocok dengan trick 15 menit cleansing oil/ cleansing balm ini yang menyebabkan kulit wajah disekitar dagu break out parah dan berjerawat. Mengapa bisa begini? yuk simak cerita ku selanjutnya..



15 minute oil cleansing challenge

Sebenarnya aku termasuk anaknya kudet alias kurang update berita-berita terbaru. Jadi aku kurang tahu tentang trend dikalangan anak-anak tiktok dan per influencer-an. Meskipun aku memiliki akun tiktok dan instagram biasanya aku hanya melihat video-video di fyp (for your page) pada tiktok dan explore pada instagram yang relate dengan hobiku.

Suatu malam adikku menelepon dan bercerita tentang salah satu beauty influencer mencoba trick ini dan berhasil. Adikku juga bercerita kalau ternyata dia telah mencoba trick seperti itu menggunakan cleansing oil dari salah satu Brand Korea. Katanya dia mengikuti trick si beauty influencer mulai dari cara penggunaan hingga cara memijat wajah dan ternyata benar akhirnya oil plug diwajahnya keluar then berakhir dengan munculnya bruntusan di wajahnya.  

Saat itu aku hanya tertawa dan mengatakan kepadanya untuk ga usah ikut-ikutan trend seperti begitu. Karena belum tentu cocok dikulitnya. Fyi kulit adiku agak sensitive, dia juga berhati-hati ketika memilih skincare kadang wajahnya bisa bengkak karena salah memakai produk.



My Story

Awal  bulan Juli lalu, aku tertarik untuk mencoba trick 15 menit oil cleansing ini menggunakan cleansing balm. Aku teracuni ketika melihat salah satu video di tiktok yang menggunakan trick ini. Aku lupa dengan akun tiktoknya. Yang aku ingat dia menggunakan salah satu cleansing balm dari Korea yaitu Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm Original. Akhirnya aku pun memesan produk serupa. (akupun merasa jika ucapanku kepada adikku berbalik kepadaku ✌). Saat itu aku hanya berfikir untuk investasi dan ga ada salah nya membeli skincare untuk wajah. Selain itu kulit wajahku tidak rewel alias cocok-cocok aja jika menggunakan produk baru. 

Sekitar 2 minggu kemudian cleansing balm dan beberapa skincare yang aku pesan dari Korea pun sampai. (maklum shipping dari korea-Indonesia-daerahku hampir 2 minggu). Aku mencoba mempraktek kan trick 15 menit cleansing balm ini. Sebelumnya aku sempat research-research dulu tentang pengalaman beauty influencer yang berhasil menggunakan trick ini. 

Salah satu video di youtube berjudul “How to oil cleanse the right way” by Britta Plug. Singkatnya pada video britta menjelaskan kalau setelah membersihkan wajah menggunakan oil cleansner kita juga perlu atau disarankan untuk tap-tap wajah dengan washlap hangat.Dan beberapa video di youtube lainnya. Research ini bertujuan untuk meminimalisir kegagalan ku pada trick 15 menit cleansing ini. 


Pertama-tama aku mengambil satu scope cleansing balm menggunakan spatula yang sudah terdapat di dalam box nya Banila Co Clean It Zero ini, lalu memijat-mijat wajah selama 15 menit. Awalnya ga sesuai ekspektasi seperti kotoran pada wajahku hanya sedikit yang keluar. Lalu aku melanjutkan 10 menit atau 15 menit yang kedua, sambil sedikit menekan agar beberapa kotoran keluar. 

Lalu seteleh selesai, aku membilas wajah dengan men tap-tap wajah menggunakan washlap yang direndam air hangat. Setelah itu mencuci wajah menggunakan sabun wajah.

Perasaanku setelah melakukan trick ini adalah biasa aja alias B aja, tidak seperti yang orang-orang bilang. Jadi, aku membuktikan hingga 24 jam apakah kulit wajahku muncul breakout atau tidak.

Tadaaa, kulit wajahku masih oke-oke saja dan tidak terjadi break out atau beruntusan. 

Akupun kemudian semakin penasaran ingin mencoba lagi. Beberapa hari kemudian (aku lupa apakah seminggu kemudian atau hanya beberapa hari setelahnya) aku mencoba trick ini lagi dengan 15 menit pijat memijat wajah. Sepertinya aku lupa beberapa step apakah kurang bersih saat membersihkan wajah atau karena aku terlalu kuat ketika menekan /memencet wajah. Alhasil beberapa hari kemudian beruntusan diwajahku mulai bermunculan dan diperparah karena aku punya kebiasaan suka memencet wajah jika ada jerawat, komedo di wajah.


Satu, dua, tiga jerawat bermunculan dan beruntusan kecil-kecil juga muncul di sekitar daguku. semakin lama semakin banyak. 

Honestly, ini adalah pengalaman berjerawatku terparah, dan ga pernah sebanyak ini. Dan kulit wajahku tidak rewel, hanya terkadang kering yang menyebabkan kulitku terkelupas.  

Setelah berpikir kembali, aku memiliki beberapa kesalahan ketika mencoba trick 15 menit ini. Yang pertama aku belum pernah melakukan trick ini sebelumnya apalagi sambil mijat-mijat hingga 15 menit lamanya, seharusnya aku mencoba bertahap mulai dari 5 menit dahulu lalu selanjutnya 10 menit sampat 15 menit.  

kedua aku menekan beberapa bagian wajah saat melakukan trick ini agar dapat mengeluarkan kotoran pada wajah, padahal dengan cara menekan seperti ini dapat menyebakan luka pada wajah kemudia memberi jalannya kuman untuk masuk ke kulit wajahku yang ujung-ujungnya mengakitbatkan jerawat dll

ketiga kemungkinan aku ga membersihkan wajah sampai tuntas, maksudnya ketika mencuci wajah masih ada cleansing balm yang tersisa, dan jarang menggunakan facetoner

keempat dikarenakan bruntusan mulai bermunculan aku sering memencet wajah dalam keadaan tangan kotor.  

Nah diatas adalah beberapa kesalahanku saat dan setelah mencoba trick ini. Aku mulai research cara menghilangkan jerawat dan beruntusan, juga mulai rajin menggunakan double cleanser seperti cleansing balm dan face wash, di ikuti mengunakan facetone dan obat jerawat.

Oya, aku mau menjelaskan bahwa wajahku bruntusan dan berjerawat ini bukan dikarenakan cleansing balm yang tidak cocok pada wajahku tetapi dikarenakan beberapa kesalahanku diatas. Sampai saat ini aku masih menggunakan cleansing balm nya Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm Original warna pink sebagai oil cleanser dan agnes facewash sebagai sabun cuci muka, lalu Nacific facetoner, dan skin relief spot dari Althea karena mengadung tea tree oil.

Alhamdulillah, saat ini jerawat dan beruntusan mulai berkurang meskipun terkang hilang-hilang timbul.

Sampai disini dulu ceritaku, akan dilanjutkan pada part 2 setelah jerawat mulai hilang.

cheers

irabintiazhari.com

You Might Also Like

2 comments

  1. Itulah dulu i pun ada masalah jerawat teruk. Macam2 search dekat google cara alami lah product macam2 lahπŸ˜… Alhamdulillah sekarang better sikit

    ReplyDelete
  2. thats why i also kinda scared want to touch my face with bare face --"

    ReplyDelete

Subscribe