Jurus Menjadi Guru Les

July 14, 2016

Hai gus,
Pada postingan ini aku mau berbagi pengalaman (sharing) bagaimana aku dan teman-temanli menjadi guru les private.
Menjadi guru les adalah salah satu lapangan pekerjaan bagi mahasiswa-mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan sendiri. Untuk mahasiswa ingin memiliki uang jajan tambahan atau sebagai pengalaman kerja. Menurutku semua alasan yang dimiliki setiap adalah suatu kewajaran. Hak kita sebagai manusia ingin memiliki sesuatu dan miliki tujuan berbeda daripada orang lain. Hal tersebut sah-sah saja.


A            : mengapa mahasiswa memilih menjadi guru les?
Me         : karena menjadi guru adalah pekerjaan mulai (ini sisi lainnya ya ), selain itu guru les
     waktunya fleksible bisa kita atur sesuai jadwal kita.
A            : Kan penghasilannya kecil?
Me         : tidak semua guru les berpenghasilan kecil, semua tergantung individu masing-masing yang      menilai penghasilannya sendiri
A            : kan murid les bandel-bandel, susah diatur,  gimana tuh?
Me         :gak semua murid les bandel-bandel, ada juga yang baik dan pintar.  Kalau kamu kapan    
    madiri?
A             : #%#%#%



Sebenarnya sejak tamat SMA aku sudah memulai jadi guru les tapi dilingkungan tempat tinggal saja alias muridnya ya tetangga-tetangga disekitar rumah. Nah, sejak beberapa tahun lalu aku memutuskan menjadi guru les. Dan alhamdulillah aku bertahan menjadi guru les hingga sekarang.

Pada dasarnya guru les terbagi 2, yaitu guru les private dan guru les di bimbingan belajar (sebagai tentor).
a.    Guru les private
Guru les private adalah guru les pribadi seorang siswa. Kita bertanggungjawab penuh terhadap prestasi belajar murid kita. Dan membantunya segala hal dalam pembelajaran, mulai dari membantunya mengerjakan PR, prakarya, menerangkan materi yang telah dan belum dipelajari, membuat kuis-kuis dan latihan, dan melakukan pendekatan emosional. Sebab siswa yang kurang suka terhadap gurunya akan malas belajar (ini berdasarkan hasil pengamatanku terhadap beberapa murid les ku). Mata pelajaran yang diajakan tergantung dengan perjanjian dengan orang tua murid. Apakah semua mata pelajaran, atau mata pelajaran tertentu seperti matematika, IPA, bahasa inggris, bisa juga merangkap sebagai guru ngaji dan guru agamanya. Semua itu tergantung keahlian kita masing-masing

Untuk menjadi guru les private, kamu bisa bekerjasama dengan lembaga yang menyediakan jasa guru les private, dan juga bisa melakukanna by your self. Ada beberapa lembaga yang menyediakan jasa menjadi guru les dan biasanya mereka membagi-bagi brosur, menempel brosur lowongan pekerjaan dimasing kampus kamu. Bisa juga search di google. Tapi ingat, jangan sampai kamu tertipu. Dan pikirkanlah bicarakan dahulu tentang persen salary yang kamu dapatkan, dan bacalah isi perjanjian kerja sebelum menandatanganinya. Sebab beberapa lembaga melakukan perjanjian kerja terhadap guru-guru les mereka.

Kamu juga bisa mencari siswa  by your self
Yaitu dengan membuat iklan dan mencetaknya menjadi flier, brosur, dan menguploadnya ke www.olx.co.id . flier dan brosur bisa kamu bagikan di sekolah-sekolah yang kamu nilai siswanya membutuhkan guru les pribadi. Kamu juga bisa memasang iklan gratis melalui olx.co.id (isinya bukan hanya tentang barang bekas saja, tetapi ada banyak fitur-fitur yang dapat kamu manfaatkan disana seperti fitur lowongan pekerjaan, fitur iklan-iklan disekitar tempat tinggal kamu, dll

Langkah-langkahnya adalah:
-          Download aplikasi olx dari googleplay
-          Dan masuk
-          Buatlah akun olx denan memasukkan email dan data diri kamu
-          Klik “pasang iklan gratis”
-          Judul iklan buatlah yang menarik
-          pada bagian “kategori”, pilih “jasa& lowonganà jasaà kursus”
-          Deskripsi dan harga diisi sesuai kebutuhan kamu beriklan
-          jangan lupa memasukkan lokasi tempat tinggal kamu, dan memcantumkan no hp dan pin bb
-          Setelah selesai diisi, klis “pasang iklan”
Tunggulah 2x 24 jam terhadap respon iklan kamu. Jika tidak ada yang merespon perbarui iklan kamu dan ubahlah kata-katanya sehingga lebih menarik
Kelebihan kamu menjadi guru les private adalah : kamu bisa menentukan salary sesuai beban yang kamu ajar (jangan sampai kemahalan), dan tidak ada perjanjian kontrak kerja.
Kekurangan: kamu harus bertanggungjawab penuh terhadap siswa kamu dan menghandle semua materi yang diajarkan

b.    Guru les di bimbingan belajar (tentor/ coach)
Guru les dibimbingan belajar adalah guru les untuk beberapa siswa. Jadi biasanya ketika melamar pekerjaan kita ditanya tentang mata pelajaran yang paling kita kuasai sehingga berdasarkan kelebihan tersebut kita ditempatkan. Biasanya 1 mata pelajaran 1 orang tapi ada juga yang merangkap. Tergantung kesanggupan masing-masing. 
Sebagai coach, kita hanya bertanggung jawab terhadap mata pelajaran yang kita ajarkan dan membantu mereka mengerjakan pr ketika jadwal piket di ruang diskusi. Biasanya di setiap bimbingan belajar bimbingan belajar menyediakan ruang diskusi, nah disitulah kita membantu siswa mengerjakan PR atau membantu mereka terhadap pelajaran yang belum mereka pahami.
Nilai plus dari menjadi coach adalah kita mendapat pelatihan untuk menjadi guru terlebih dahulu dari pihak bimbingan belajar. Sehingga kita bisa lebih mantap ketika mengajar.

Disetiap bimbingan belajar menetapkan jadwal penerimaan pegawai masing-masing, jadi kamu tingga search di google, di facebook dan website tentang jadwal penerimaannya dikota kamu masing-masing atau mendatangi bimbel tersebut. Berikut adalah nama-nama bimbingan di Kota medan yang bisa kamu kunjungi:
-          Bimbingan belajar
-          Bimbingan belajar SSC
-          Bimbingan belajar Nurul Fikri
-          Bimbingan belajar primagama
-          Bimbingan belajar GO
-          Bimbingan belajar Adzkia
-          Bimbingan belajar Prosus Intens
-          Dan bimbingan belajar lainnya

Kalau kamu sudah mengetahui tanggalnya dan mengirimkan  surat lamaran pekerjaan sesuai persyaratan yang telah ditetapkan,  tunggu lah panggilan wawancaranya (eitss jangan lupa mencantukan nomor hp di curiculum vitae mu yaa)
Disaat menunggu panggilan wawancara cobalah membahas soal-soal terhadap mata pelajaran yang kamu kuasai.
Setelah mendapat panggilan wawancara dan membicaraka salary kamu, berarti kamu telah diterima menjadi bagian dari bimbel tersebut dan tunggulah sesi training nya.
 Kelebihannya : kamu bekali pelatihan, dan materi-materi untuk mengajar, bisa sharing dengan senior, dan ada pengalaman kerjanya.

Kekurangan  : kamu jadi terikat kontrak, dan salary yang diperoleh lebih sedikit daripada guru les private tapi kalau sudah lama jadi coach, salary yang juga meningkat, harus aktif kalau mau cepat mendapat informasi tentang lowongan kerja.
Nah, itu semua jurus-jurus menjadi guru les berdasarkan pengalaman dan pengamatanku.

Semoga bermanfaat ^^

You Might Also Like

0 komentar