pademi Covid19, rapid test dan pcr test Halodoc

June 22, 2020

haihaihai,
Jika berbicara mengenai pandemi Covid19, tidak terlepas dari rapid test dan PCR test. Kedua test yang saat ini hampir semua orang di berbagai belahan dunia tahu akan tujuan dan manfaatnya. Yap, kedua test ini merupaka metode pemeriksaan terhadap covid19. Rapid test untuk skrining dan PCR test untuk diagnosa pasti. Awal-awalnya PCR test ini hanya dapat dilakukan di Rumah Sakit tertentu yang ditunjuk oleh Kementerian, tetapi saat ini sudah ada beberapa Rumah sakit yang bisa melakukan test ini dan kita juga bisa memilih rumah sakit tersebut melalui aplikasi di handphone atau website. Selengkap nya ada di tulisan ini..




COVID-19 atau novel coronavirus atau virus corona
Pertama-tama aku akan mengenalkan kembali.  Novel Coronavirus atau dikenal dengan COVID19, Merupakan jenis virus RNA yang menjadi genetic kehidupannya.
Gejala dapat muncul 2-14 hari setelah terpapar virus, yaitu
  • Fever or chills (demam atau panas dingin)
  • Cough (batuk)
  • Shortness of breath or difficulty breathing (Napas pendek atau sulit bernapas
  • Fatigue (mudah lelah)
  • Headache (sakit kepala)
  • New loss of taste or smell (akhir-akhir ini ehilangan rasa atau bau)
  • Sore throat (sakit tenggorokan)
  • Congestion or runny nose (Hidung tersumbat atau beringus)
  • Nausea or vomiting (mual atau muntah)
  • Diarrhea (diare)  
sumber : www.cdc.gov

upaya pencehagan yang selalu di tekankan pada campaign adalah social distancing minimal 1 meter, menggunakan masker (kain untuk masyarakat dan surgical mask untuk tenaga medis), mencuci tangan mengunakan sabun minimal 20 detik atau dapat menggunakan handsanitizer jika tidak terdapat air, stay at home jika tidak berkerja atau keluar rumah hanya untuk keperluan essensial, dan lain-lain

Pada umumnya kita semua sudah mengetahui tetang virus ini, mulai dari nama, jenis dan masa inkubasi dan cara penyebarannya.Oleh karena itu pada tulisan ini aku ga menjelaskan secara mendetail tentang pencegahannya sebab sudah ada  beberapa situs resmi kesehatan dari perintahan lokal maupun internasional yang lebih mumpuni tentang virus covid19 ini.




COVID19 test
Beralih ke Rapid test dan PCR test, Rapid test merupakan tes sederhana untuk screening/skrining. Dilakukan dengan mengambil darah pasien sebagai sampel nya dan akan dicek apakah terdapat IgG (Immunoglobulin G) atau IgM (Immunoglobulin M) dalam darah. Tetapi rapid test ini bukan merupakan diagnosis pasti untuk  menentukan apakah seseorang terinfeksi covid19 atau tidak, Jika hasil rapid test dinyatakan reaktif makan dilanjutkan dengan PCR test.

PCR test (Polymerase Chain Reaction) merupakan pemeriksaan menggunakan swab lendir dari hidung atau tenggorokan sebagai sampel nya kemudian dilakukan pemeriksaan di Laboratorium untuk mendiagnosis apakah seseorang terinfeksi covid19 atau tidak

Pada awalnya PCR test hanya dapat dilakukan pada beberapa Rumah sakit pemerintah yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan, tetapi saat ini sudah ada beberapa rumah sakit yang bisa melakukan PCR test. Kita tidak perlu untuk mengunjungi satu rumah sakit ke rumah sakit untuk menanyakan apakah tersedia PCR test.



Untuk meminimalisasi kegiatan kita diluar rumah, halodoc menyediakan list dokter-dokter spesialis yang menangangi covid19 dan rumah sakit-rumah sakit mana bisa kita kunjungi untuk melakukan  PCR test dan rapid test. Kita dapat mengaksesnya melalui aplikasi Halodoc maupun dari websitenya.

Halodoc juga dan penanganan penyakit seperti spesialis kandungan, dokter umum, spesialis kulit, psikolog klinis, spesialis anak, spesialis penyakit dalam , dan lain-lain. Ada fitur chat yang memudahkan kita berkomunikasi dengan dokternya bisa gratis dan berbayar.








thanks

irabintiazhari.com



You Might Also Like

0 comments

Subscribe