Soft Box Midio- Upgrade peralatan fotografi

October 18, 2021

soft box

 Haihaihai

Akhirnya aku memutuskan membeli sebuah softbox untuk membantu proses pengambilan foto dan video di mini studioku, bukan mini studio sih tapi kamar tidur yang aku jadikan mini studio. Sebenarnya penggunaan softbox idealnya sepasang dimana akan dipasang pada sisi kiri dan kanan. Nah berhubung budget terbatas dan kamar tidurku kecil, jadi aku memutuskan untuk membeli 1 buah aja. Pada akhir video aku akan memberi kesimpulan lebih worth it manakah membeli softbox terlebih dahaulu atau ringlight? So lanjut baca ceritanya yaa

KENAPA MEMILIH SOFTBOX

Alasan utamaku memutuskan membeli softbox karena  mini studio alias kamar tidurku membutuhkan cahaya tambahan ketika filming, foto produk sehingga menghasilkan foto dan video yang lebih baik. Berbeda dari kamar tidurku di rumah (yang sebenarnya), Kamar tidurku saat ini (dormitory atau rumah yang disediakan kantor) tidak memiliki pencahayaan yang memadai, tidak memiliki jendela yang berhadapan langsung dengan luar sehingga pencahayaan pun harus lebih ekstra.

Awalnya aku membuat ringlight DIY lalu setelah lampunya mati, aku menggantinya menggunakan ringlight yang lebih memadai. Tetapi aku membeli ringligh berdiameter 30 cm menyebabkan pencayaan masih kurang. Then solusi terakhir adalah membeli softbox untuk menambah pencahayaan di kamar. 

SOFT BOX

Nah guys sebelum membuat kesimpulan, aku akan mengenalkan apa itu softbox. Sebelu membahas lebih jauh, aku akan mengenalkan si softbox terlebih dahulu.

Menurut Wikipedia:

" A soft box is a type of photographic lighting device, one of a number of photographic soft light devices. All the various soft light types create even and diffused light by transmitting light through some scattering material, or by reflecting light off a second surface to diffuse the light. "

Softbox adalah salah satu Artificial Lighting alias cahaya buatan didunia fotografi. Sebenarnya jika berbicara artificial lighting ada beberapa jenis seperti softbox, umbrella, floodlight kit, strip softbox, dan lain-lain.

Untuk softbox sendiri, salah satu brand yang umum digunakan adalah Godox, tapi menurutku harganya cukup pricely untuk pemula sepertiku jadi aku memilih membeli Softbox dari Midio.

Buat kalian yang ingin menekuni dibidang fotografi ada baiknya membeli tools yang lebih bagus sehingga bisa tahan lama dan hasilnya maksimal.

SOFTBOX MIDIO

2 box berisi softbox dan softbox stand

Soft box ini aku beli melalui e-commerce shoppe. Awalnya aku bingung mau beli dimana. Sempat search sana-sini, akhirnya aku memutuskan membeli di Midio karena berdasarkan pengalaman sebelumnya membeli ringlight jadi cukup terjamin.

Paket yang kuterima ternyata berukuran besar. Didalamnya terdapat 2 box panjang. Dengan Label Midio. Satu box berisi stand yang bisa dikembangkan, box lainnya berisi softbox dan colokan.

Alhamdulillah paket yang datang diluar ekspektasi. Menurut aku Softbox stand nya kokoh dan bisa ditinggikan. Berbeda dengan tripod yang harganya 50 ribuan. Softbox stand ini hampir mirip dengan ringlight stand yang pernah ku beli di toko yang sama.


TUTORIAL MEMASANG SOFT BOX

1. Buka box atau packaging dari paketnya yang berisi Softbox stand. Lalu pasang dengan cara mengembangkan kakinya. Setelah bagian kaki terpasang, buka pengait tiang lalu panjangkan

softbox stand

2. Buka kotak kedua yang berisi softbox nya. Kembangkanlah dengan cara berhati-hati

softbox

3. Rekatkan softbox dan softbox stand

proses pemasangan softbox dan stand nya

4. Pasang Bola Lampu yang sudah dibeli (kalau tidak salah paketnya tidak include bola lampu)

bola lampu

5. Pasang kain putih (kalau mau lebih rapi setrikalah terlebih dahulu). Lalu rekatkan pada sisi softbox

kain

6. Pada kabelnya terdapat tombol switch untuk menghidupkan dan mematikan lampu. FYI pencahayaannya tidak bisa di adjust nya

tombol switch

7. Sambungkan ke aliran listrik dan hidupkan dengan cara menekan tombol switch

sebelum dihidupkan

setelah dihidupkan

 

SOFTBOX ATAU RINGLIGHT

Menurut aku tergantung pada tujuan masing-masing. Kalau aku pribadi lebih prefer memilih righlight daripada softbox karena cahaya softbox lebih lembut daripada righlight. Cahaya ringlight lebih memantulakan cahaya hasil makeup sehinggal lebih bagus.

sebelum menghidupkan softbox

Nah kalau kalian lebih suka cahaya lembut, bisa memilih softbox. Hanya saja lebih baik kalian membeli 2 pieces untuk dipasang pada sisi kiri dan kanan sehingga cahayanya bisa jadi lebih seimbang.

setelah menghidupkan softbox

Dan satu lagi, buat kalian yang memiliki ruangan tidak lebar alias sempit lebih baik menggunakan righlight karena penggunaan softbox butuh space yang lebih besar alias makan tempat.

But itu pilihan kita masing-masing ya guys.

 

Product Name : Paket Studio Midio A1 Light Stand 2M

Store : Midio

Price: IDR 234,420 + Shipping fee IDR 30,000+ Handling fee IDR 500 = IDR 264,920


Semoga tulisannya bermanfaat

ira



























You Might Also Like

0 Comments

Subscribe