ayo ke JOB FAIR

August 18, 2016

Dear all,                 
Kamu mungkin pernah mendengar kata “JOB FAIR” atau membaca melalui poster yang di tempel di mading-mading kampus, foto yang di upload ke instagram, ataua  juga membaca tulisan baliho-baliho yang ada dipinggir jalan sekitar kampus.

Dan tahu kah kamu apakah Job Fair itu?


suasana JOB FAIR ketika makan siang



In my opinion, JOB FAIR adalah salah satu sarana tempat orang untuk mencari kerja. Biasanya tiap penyedia lapangan pekerjaan mendirikan stand/booth sebagai penanda Perusahaan mereka dan mendirikan banner berupa iklan ataupun persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan pelamar untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

JOB FAIR ini boleh diadakan oleh pihak universitas, seperti LP3I Medan ini misalnya, atau Fakultas-fakultas tertentu untuk membantu freshgarduate ataupun alumni-alumni yang belum bekerja. Job Fair boleh juga diadakan oleh sebuhah komunitas atau lembaga berbadan hukum dan bekerjasama dengan pihak hotel atau sebuah mall besar.

Untuk peserta yang ingin mengikuti Job Fair biasanya dikenakan biaya HTM sebersar 25ribu juga terkadang 35ribu per kali datang juga tergantung kesepakatan panitia dalam menetakan HTM. Dan menurutku pribadi sih itu sebagai uang masuk dan fasilitas yang kita peroleh  disediakan oleh panitia. karena ketika job fair berlangsung, pihak perusahaan yang bekerjasama dengan panitia mendapat fasilitas-fasilitas sebagai bentuk kerjasama terhadap panitia, seperti medapat space untuk mendirikan stand/booth, mendapat snack, makan siang, dan fasilitas lainnya.

peserta JOB FAIR ketika sedang entry data diri (abaikan yg lihat kekamera)

satnd sebelah

And then,
Ini adalah pengalaman pertamaku ikut serta dalam acara JOB FAIR, terlebih aku sebagai perwakilan PT.Paragon Medan (aku diminta untuk membantu HRD). Tugasku membantu HRD mendata pelamar yang datang mengunjungi stand kami dari berbagai bidang.

sebenarnya tugas di JOB FAIR ini dadakan, sebab aku baru diberi tahu H-1jam. Awalnya salah satu pegawai wardah yang hadir di acara JOB FAIR ini ternyata pegawai tersebut harus keluar kota dan akhirnya jatuh kepada ku (hehehe)


acara JOB FAIR yang aku hadiri dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 10-11 Agustus 2016, open gate pukul 09.00- 16.00 jadi kami sebagai perwakilan Perusahaan hadir sebelum pukul 09.00 (psst sebenarnya ada juga yang hadir terlambat but that’s not a problem sebab ada banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja yang hadir).
dan momen seperti inilah aku baru melihat betapa gencar dan semangatnya orang-orang yang mencari pekerjaan. Mereka membawa berbagai berkas-berkas yang nantinya dapat berguna ketika mendaftar ke sebuah Perusahaan.

Ada yang membawa berlembar-lembar amplop coklat, membawa berbagai jenis berkas fotocyan, dan surat lamaran.  Ada yang hadir dengan penampilan esmud (eksekurif muda), berpenampilan seperti frotliner di bank-bank, rapi, fashionable, adan yang berpenampilan seperti mahasisa dengan membawa tas ransel dan sepatu sneaker, dan ada yang hadir dengan gaya masa’ bodoh memakai kaos dan celana jeans. And those are their fashion dan kita ga boleh menjudges seseorang dari penampilannya saja.
Tapi untuk hadir disebuah acara dan terlebih acara JOB FAIR sebaiknya mengenakan pakain kemeja yang rapi (ga harus pakai dasi utk yang laki-laki), cukup pakai kemeja dan celana kain/jeans (whatever you want) plus sepatu bersih. That’s enough


Buat yang perempuan:
Hampir sama yaitu dengan memakai kemeja atau blazer yang rapi dengan bawahan rok ataupun celana (baik kain / jeans), rambut disisir rapi dan dandan senatural mungkin.

Why?
Why?
Why?

“Kenapa kita harus berpakainan seperti itu saat hadir di JOB FAIR? Kan yang dinilai berkas-berkas kita bukan penampilan saat JOB FAIR?’

Berdasarkan pengalamanku mengamati peserta yang hadir, tampil rapi, bersih, dan wangi akan memberi kita nilai lebih dihadapan orang-orang perwakilan perusahaan. Terlebih kita telah menyiapkan berkas-berkas sesuai persyaratan yang dibutuhkan akan menambah poin kita dihadapan perwakilan perusahaan-perusahaan. Memang tidak semua perusahaan yang melihat  first impresion kita tapi untuk tampil kece dan elegen kan ga akan membuat kamu rugi, mana tau ketemu jodoh juga (ngarepp)
Intinya, tampil rapi, bersih, wangi (pakai parfum yang sewajarnya ya), kece, dan elegan akan memberimu nilai lebih dihadapan orang lain.

*dipostingan aku berikutnya : apa saja yang kita persiapkan dan bawa saat hadir di JOB FAIR
So don’t miss it

disela waktu senggang memanfaatkan untuk selfie bareng mbak dewi
 
Senarnya PT Paragon technology & innovation tapi gpp panitia salah ketik



You Might Also Like

0 komentar