Acara Bakar-bakar alias bbq dengan kearifan lokal

April 20, 2021

cumi-cumi dan sosis siap dibumbui dan dibakar

Haihaihai

Pada Sabtu, tanggal 3 April 2021 lalu aku dan teman-teman serumah membuat acara kecil-kecilan khusus teman serumah 😀. Kita melakukan kegiatan bakar-bakar alias memasak makanan dengan cara dibakar. Seperti acara barbeque an gitu tetapi kami tidak memasak daging atau ayam dengan saos barbeque. Barbeque (bbq) dengan kearifan lokal, jadi namanya bakar-bakar. Menunya varian mulai dari sosis-cumi, mpek- mpek bakar, dan otak-otak bakar ala Palembang.

Acara ini kami buat untuk senang-senang saja, selain baru gajian juga karena pada tanggal 13 April 2021 sudah mulai Bulan Ramadhan dimana kita focus ibadah jadi kemungkinan ga sempat untuk mengadakan kegiatan bakar-bakar selama bulan ramadhan.

Berbekal membeli bahan-bahan sendiri, tanpa wajan dan wadah khusus bbq dan bahan-bahan yang kami beli di supermarket, dan pasar terdekat jadilah bbq ala-ala kami.

Berikut beberapa foto yang aku share pada blog ini, karena jika hanya di simpan pada ponsel akan sayang dan kalau memory ponsel penuh akan nada dua kemungkinan yaitu foto akan di hapus atau disimpan pada harddisk eksternal untuk dijadikan arsip diri dimana akan jarang ku buka.

Jadi sepertinya akan lebih mudah dikenang jika aku share pada blog ini.  

Cumi sosis, otak-otak bakar ala palembang sedang proses pembakaran

 

Otak-otak bakar dan pempek bakar ala palembang


sambal kecap 2 macam, ada yang pedas manis dan super pedas

Beberapa foto proses pembuatan 

pem-pek bakar ready dibakar





sambal ready dihidangkan



Proses pembuatan otak-otak bakar ala palembang. Untuk resepnya aku tidak tahu apakah sama dengan resep otak-otak yang banyak dijual di Kawasan Tanjung pinang, Bintan, Kawal, dan Batam. Tetapi untuk tampilan dan cara menghidangkan juga berbeda. 

Jika adonan berwarna otak-otak bakar ala palembang berwarna putih dan terdapat daun bawang, sedangkan otak-otak di kawasan Kepulauan Riau berwarna orange ke coklatan yang aku perkirakan berasal dari warna kunyit dan cabe merah.



Adonan  otak-otak bakar ala palembang


Cumi sosis alias cumi-cumi dipadu dengan sosis eh salah guys,
sosis dipadu oleh cumi-cumi

Cumi sosis ready untuk dibumbui lalu di bakar



Sekian cerita dari ku.

So sorry, jika kualitas foto tidak bagus. Karena aku mengambil foto menggunakan kamera ponsel Redmi Note 8 yang sudah sering jatuh (hehe) 😅

Guys, sekian dulu posting dari aku
see on my next story

You Might Also Like

1 Comments

  1. En iyi toptan hediye kutuları burada: toptan hediye kutusu. Göz atmak isterseniz tıklayın.

    ReplyDelete

Subscribe